Cara Menginstall GCam di Redmi Note 8 Pro

Redmi Note 8 Pro bisa jadi merupakan smartphone paling dicari penggila smartphone dalam beberapa waktu terakhir. Hal itu tak lepas dari “packaging-nya” yang dinilai tidak seimbang dengan harga yang ditawarkan. Jika dilihat lebih teliti, harga Redmi Note 8 Pro ini memang bisa dibilang murah, meski memiliki spesifikasi yang mumpuni di segmen kelas menengah. Tetapi jika memang harus ada yang dijadikan bahan “bully”, mungkin itu adalah penggunaan chipset Mediatek, tepatnya Mediatek Helio G90T yang menawarkan performa maksimal untuk bermain game.
Mediatek G90T dirancang untuk bermain game di smartphone dengan maksimal, begitu pula pada Redmi Note 8 Pro ini. Bahkan smartphone ini memiliki sistem pendingin, yang menawarkan pengalaman gaming berbeda dengan smartphone kelas menengah. Di sisi lain, Redmi Note 8 Pro memiliki empat kamera belakang yang performanya juga mengesankan. Peningkatan jumlah kamera dan besaran megapixel memang baru getol dilakukan oleh beberapa smartphone populer saat ini.
Nah masalahnya, untuk menghasilkan foto yang bagus, jumlah kamera dan besaran megapixel bukan menjadi faktor utama. Ada juga skill pengguna dan software. Yang terakhir ini dilakukan oleh Google dengan GCam-nya, yang mana software ini mampu menghasilkan foto yang lebih berkualitas meskipun besaran megapixel-nya tak sebesar 48MP atau 64MP misalnya. Dan kabar kurang mengenakkannya, GCam tidak bisa dipasang pada smartphone dengan chipset Mediatek. Benarkah?
Ternyata tidak. GCam ini bisa dipasang pada Redmi Note 8 Pro. Dan caranya cukup simpel, seperti di bawah ini.
CARA MENGINSTALL GCAM PADA REDMI NOTE 8 PRO
Pertama tentu saja pengguna harus mendownload terlebih dahulu aplikasi GCam tetapi tidak melalui Google Play, melainkan melalui link ini. Kemudian setelah mendownload aplikasi GCam, pengguna juga harus mendownload konfigurasi aplikasi di sini. Setelah keduanya berhasil terdownload, akan ada dialog yang menanyakan mengenai perijinan untuk menginstall program tersebut. Setelah selesai, buka aplikasi GCam-nya dan ketuk “More” kemudian ketuk “Setting.”

Kedua, setelah menu “Setting” terbuka, pengguna diminta untuk memasukkan “configs name”, yang bisa diketikkan nama bebas sesuka pengguna. Setelah itu, bukalah menu “File Manager” pada smartphone dan temukan folder GCam. Di dalam folder ini akan ada folder bernama “Configs”, dan jika sudah ketemu pengguna harus meletakkan file kedua yang bernama “wyroczen_rn8pro_3.xml ” yang telah didonwload sebelumnya pada folder tersebut.
Ketiga, setelah semua proses di atas selesai, buka lagi aplikasi GCam-nya. Setelah terbuka, ketuk dua kali ruang antara tombol “shutter” dan lingkaran kecil yang menunjukkan preview foto terbaru. Setelah diketuk dua kali, akan muncul dialog yang mengonfirmasikan mengenai file “wyroczen_rn8pro_3.xml” yang sebelumnya telah di-paste-kan di folder “configs.”Ketuk pada tab “Restore.”
Setelah itu dilakukan, aplikasi GCam akan restart otomatis dan setelah kembali terbuka pengguna bisa menikmati berbagai fitur menarik dan keren yang bisa digunakan pada Redmi Note 8 Pro. Tetapi perlu diketahui bahwa GCam yang bisa digunakan ini merupakan aplikasi GCam yang telah dimodifikasi oleh pengembang bernama Wyroczen sehingga fiturnya mungkin tidak selengkap GCam versi original Google. Selain itu belum diketahui mengenai update berkala untuk aplikasi ini. (sumber)

Tinggalkan komentar