Inilah yang Membuat Harga Samsung Galaxy S20 Series Sangat Mahal

Trio smartphone terbaru Samsung, yang juga menjadi smartphone flagship Samsung kesekian tahun ini yang dirilis akhirnya datang ke publik, menghapuskan rasa penantian para Samsung fans di seluruh dunia dan juga para pegiat gadget. Sebagai smartphone flagship, tentu Samsung memilih berbagai part terbaik untuk trio terbarunya ini.
Tentu kemunculan trio flagship Samsung terbaru; Galaxy S20, Galaxy S20 Plus, dan Galaxy S20 Ultra ini sudah ditunggu-tunggu. Tetapi yang menjadi masalah (bagi beberapa orang) tentu adalah harganya. Dibandingkan dengan Galaxy S10 Series beberapa waktu lalu ketika pertama kali dirilis, harga Galaxy S20 Series ini melonjak cukup signifikan.
Sebagai perbandingan, trio Galaxy S10 Series masing-masing harganya adalah Rp 10.2 jutaan untuk Galaxy S10e, sementara untuk Galaxy S10 harganya Rp 12.2 jutaan dan untuk seri yang paling tinggi Galaxy S10 Plus harganya Rp 13.6 jutaan. Nah sekarang bandingkan dengan harga trio Samsung Galaxy S20 Series ini; Galaxy S20 harganya mulai dari Rp 13.6 jutaan, Galaxy S20 Plus mulai dari Rp 16.3 jutaan, dan Galaxy S20 Ultra harganya mulai dari Rp 19.1 jutaan. (sumber: Android Authority)
Lalu sebenarnya apa yang membuat Samsung menaikkan harga trio flagship terbarunya ini sedemikian tinggi?
Adalah kemampuan dukungan untuk jaringan 5G. Trio Galaxy S20 Series merupakan salah satu smartphone flagship yang telah mendapatkan dukungan jaringan 5G. Sebelumnya memang Samsung juga telah menyelipkan kemampuan ini pada beberapa flagship mereka tetapi untuk Galaxy S20 Series ini, semua model memiliki kemampuan untuk terhubung dengan jaringan 5G. 
Tetapi tentu saja bukan itu saja yang membuat Galaxy S20 Series harganya melambung. 
Hal lain yang membuat trio Samsung Galaxy S20 Series ini harganya melambung tinggi tentu adalah teknologi yang digunakan pada kamera belakangnya. Tentu, kemampuan kamera belakang kini menjadi satu hal yang menjadi pertimbangan bagi konsumen untuk membeli smartphone sehingga banyak pabrikan smartphone berlomba-lomba menanamkan teknologi canggih pada kamera belakang mereka. Tak terkecuali Samsung pada trio flagship terbaru mereka ini.
Samsung memberikan kemampuan zooming yang luar biasa untuk ketiga smartphone terbaru mereka ini, dan Samsung menyebut kemampuan ini sebagai Space Zoom. Teknologi ini tentu saja bukan merupakan teknologi yang murah. Galaxy S20 mampu melakukan zooming 3x Optical Zoom dan 30x Hybrid Zoom. Untuk Galaxy S20 Plus dan S20 Ultra lebih gila lagi yaitu 4x Optical Zoom, 10x Lossless Zoom dan mencapai 100x Hybrid Zoom. Selain itu ketiganya mampu melakukan perekaman dengan kualitas 8K.
Kemudian untuk menampilkan hasil foto tersebut, terdapat layar jernih khas Samsung DynamicAMOLED dengan resolusi QHD+ yang dibekali dengan refresh rate tinggi mencapai 120Hz. Ditambah dengan prosesor terbaru Snapdragon 865, RAM 12GB dan dengan kapasitas memori internal yang sangat besar minimal 128GB. Kombinasi teknologi canggih dengan komponen-komponen terbaru tentu membuat harga yang tinggi untuk trio Galaxy S20 Series ini serasa wajar.
Lalu dengan harga yang tinggi tersebut, apakah Samsung yakin trio mereka ini akan laku? Tentu saja orang-orang akan membeli smartphone ini. Mungkin akan ada penyesuaian harga untuk tiap-tiap negara karena tiap negara memiliki aturan berbeda mengenai penerapan harga. Dan bisa jadi harga tersebut akan menjadi lebih murah di Indonesia, mungkin. Meskipun di Indonesia sendiri jaringan 5G belum tersedia tetapi bisa saja orang-orang tetap akan membeli untuk mengantisipasi jika kemudian jaringan 5G ini tersedia di Indonesia.

Tinggalkan komentar