Rumor Redmi K30 Series: Punya Layar ber-Refresh Rate 120Hz

Redmi dikabarkan akan segera merilis smartphone baru mereka K30 Series, yang sepertinya akan ditujukan untuk pasar kelas menengah ke atas. Untuk smartphone Redmi terbaru ini akan ada dua varian yaitu Redmi K30 dan Redmi K30 Pro – yang mana untuk versi Pro akan mendapatkan koneksi ke jaringan 5G. Ini tentu akan menarik karena jika memang benar Redmi K30 Pro akan terkoneksi jaringan 5G, maka smartphone ini akan menjadi yang pertama dari Redmi yang memiliki akses ke koneksi 5G.
Tetapi untuk saat ini informasi mengenai smartphone (flagship?) terbaru Redmi ini belum bisa diketahui secara pasti karena memang pihak Redmi sendiri masih belum membuka segala sesuatu terkait dengan smartphone ini. Hanya saja Redmi memang telah mengumumkan mengenai smartphone ini, dan tentu saja terdapat banyak rumor dan bocoran mengenai smartphone ini. Dari posternya, terlihat sebuah smartphone dengan tampilan belakang yang cukup unik, yaitu memiliki bulatan mengilap, sedikit mirip dengan bulatan Huawei Mate 30 Series, tetapi kameranya tersusun secara vertikal di tengah-tengah lingkaran tersebut.
Di bagian depan, terlihat layar full dengan kamera depan berbentuk punch hole dengan dua kamera. Dari tampilan depan smartphone flagship terbaru Redmi ini sepertinya model notch minimalis alias waterdrop notch perlahan mulai akan ditinggalkan. 
Mengenai spesifikasinya, Redmi K30 Series ini disebut akan menggunakan layar sebesar 6.6 inchi FHD+ dengan panel IPS LCD dengan refresh rate yang tinggi mencapai 120Hz. Tetapi refresh rate tinggi ini belum diketahui apakah untuk semua versi atau terbatas untuk versi Pro-nya saja. Untuk sensor sidik jari, Redmi K30 Series tidak menggunakan in-display karena layarnya masih menggunakan LCD, sehingga sensor sidik jari untuk smartphone ini dipindah ke bagian pinggir alias side-mounted finger print. Sebagai perlindungan, terdapat Gorilla Glass 5 untuk menahan smartphone ini dari segala goncangan dan gesekan.

Sementara di bagian jeroan, sepertinya akan terdapat kejutan di sini karena untuk versi Pro dari Redmi K30 ini chipset yang digunakan adalah Mediatek bukannya Snapdragon. Tentu dengan embel-embel 5G, chipset Mediatek ini merupakan kelas flagship dan bukan yang ecek-ecek. Tepatnya adalah Mediatek Dimensity 1000 yang sudah terintegrasi dengan modem 5G. Sebagai informasi, chipset Mediatek Dimensity 1000 ketika dilakukan pengujian AnTuTu skornya cukup mengejutkan karena melampaui Snapdragon 855+ dan bahkan Apple A13 Bionic. Sementara untuk versi non-Pro, Redmi K30 akan menggunakan Snapdragon 730G.
Pada bagian kamera, Redmi K30 Series akan menggunakan empat kamera dengan masing-masing 60MP untuk kamera utama, 13MP kamera ultrawide, 8MP telephoto, dan 2MP. Untuk dua kamera depan memiliki sensor masing-masing 32MP dan satu kamera ToF 3D. Sebagai smartphone flagship, duo Redmi K30 Series ini sepertinya akan memiliki baterai berkapasitas yang besar, kemungkinan antara 4,000mAh sampai 5,000mAh yang didukung dengan pengisian cepat 27W.
Kapan akan tersedia?
Duo Redmi K30 Series akan diumumkan secara resmi pada tanggal 10 Desember mendatang dan tanggal tersebut telah dikonfirmasi oleh pihak Redmi. Untuk ketersediaan, China akan mendapatkan duo smartphone ini untuk pertama kali. Disamping juga seri K dari Redmi memang sebenarnya terbatas untuk pasar China. Bisa jadi untuk pasar global akan dirilis oleh Xiaomi dengan nama yang berbeda.

Tinggalkan komentar