Samsung Siapkan Smartphone 5G Murah Tahun Depan

Kabar bagus bagi penggemar Samsung. Pabrikan smartphone raksasa asal negeri Gingseng tersebut dikabarkan akan segera merilis smartphone baru yang mendukung jaringan 5G tahun depan. Tetapi bukan Galaxy S11 Series, melainkan lini smartphone yang bisa dibilang budget-friendly alias terjangkau. Singkatnya, Samsung akan merilis smartphone baru yang didukung jaringan 5G dengan harga murah.
Kabar ini belakangan diketahui bukan hanya rumor semata karena bocoran yang telah banyak beredar menunjukkan nomor seri smartphone terbaru Samsung yang didukung 5G ini, yaitu bernomor SM-A716B untuk China dan bernomor seri SM-A7160 untuk versi global. Versi globalnya ini tentu belum semua wilayah karena jaringan 5G sendiri untuk saat ini masih terbatas di beberapa negara saja.
Tentu smartphone terjangkau dengan dukungan 5G untuk saat ini belum banyak tersedia di pasaran dan Samsung bisa jadi akan mencuri perhatian dengan smartphone ini meskipun masih terbatas di beberapa negara saja. 
Sebagai informasi, untuk Indonesia sendiri jaringan 5G sepertinya belum akan tersedia dalam waktu dekat. Dikutip dari Cisco, Indonesia akan sedikit tertinggal dari negara-negara ASEAN lain untuk ketersediaan jaringan 5G. Hal tersebut dikatakan Dharmesh Malholtra yang menjabat sebagai Managing Director and Service Provider Cisco ASEAN pada sebuah acara di Jakarta beberapa waktu lalu.
Salah satu yang menyebabkan Indonesia tertinggal adalah masalah spektrum. Sampai saat ini Indonesia belum memutuskan alokasi spektrum yang akan disediakan untuk ketersediaan jaringan 5G ini nantinya. Sementara Singapura akan segera menikmati jaringan 5G ini tahun depan, sementara Thailand bisa merasakan jaringan 5G pada akhir tahun ini. Lanjut Dharmesh, paling lambat Indonesia setidaknya akan mulai merasakan jaringan 5G pada tahun 2023. Kurang lebih 3 tahun lagi. 
Tentu hal tersebut bukan berarti smartphone ini tidak akan dirilis di Indonesia. Karena tentu selain 5G smartphone ini juga akan mendukung jaringan 4G yang sudah bisa dinikmati di Indonesia. 
Untuk spesifikasinya sendiri, Samsung Galaxy A71, begitu smartphone ini diberi nama disebutkan akan menggunakan chipset Exynos 980 yang merupakan chipset kelas menengah dari Samsung. Sementara untuk harga dan ketersediaan belum ada informasi resmi dari Samsung. Jadi, tunggu saja.

Tinggalkan komentar