Segala Rumor Tentang Flagship Terbaru Samsung Galaxy S11 Series

Seperti biasa ajang pertunjukan bagi gadget-gadget hingga peralatan canggih terbaru Mobile World Congress 2020 akan menjadi salah satu ajang yang paling ditunggu di tahun depan. Event yang akan digelar pada bulan Februari 2020 tersebut diataranya akan memamerkan smartphone flagship terbaru, dan salah satu yang akan memanfaatkan event tersebut sebagai ajang unjuk gigi adalah smartphone flagship terbaru Samsung, yaitu Galaxy S11 Series.
Beberapa bulan menjelang perilisannya, sudah banyak bocoran mengenai desain render Galaxy S11 Series, kemudian juga kemungkinan spesifikasinya akan seperti apa, hingga beberapa hal lain terkait dengan Samsung Galaxy S11 Series termasuk mengenai ketersediaan di pasaran hingga harga yang akan ditawarkan untuk Samsung Galaxy S11 Series ini nantinya.
DESAIN
Saat ini desain menjadi salah satu hal penting yang menjadi pertimbangan seseorang dalam membeli smartphone baru. Pun dengan smartphone flagship Samsung terbaru ini yang pada desain render yang dibuat oleh @OnLeaks, terlihat bahwa secara garis besar perbedaannya tidak begitu terlihat terutama di sisi depan, tetapi di sisi belakang mulai terdapat perbedaan dengan gaya yang biasa digunakan untuk seri Galaxy S selama ini.
Misalnya saja, perbedaan paling mencolok ada pada modul kamera belakangnya yang tidak lagi berada di bagian tengah agak ke atas layaknya Galaxy S selama beberapa tahun terakhir. Modul kamera Galaxy S11 Series lebih mirip dengan apa yang dilakukan oleh Apple dan Google Pixel, dengan modul mengkotak di bagian pojok kiri atas. Tetapi yang terlihat cukup aneh adalah penyusunan kamera di dalam modul kotak tersebut yang sepertinya hanya asal, tak ada pengaturan atau penataan yang rapi sehingga terlihat aneh dan agak berantakan.
Selain itu sangat mungkin terjadi bahwa Galaxy S11 Series ini nantinya tidak akan memiliki port 3.5mm headphone jack sehingga akan menjadi seri Galaxy S pertama yang tidak menggunakan port headphone jack. Tombol Bixby yang biasanya ada di sisi kiri perangkat sepertinya juga akan dihilangkan. Sementara untuk bagian depan perbedaannya dengan seri terdahulu tak terlalu jauh yaitu masih menggunakan punch hole untuk menempatkan kamera depan.
Menurut rumor, Samsung Galaxy S11 Series ini akan tersedia dalam tiga varian yaitu Galaxy S11, Galaxy S11 Plus, dan Galaxy S11e. Seri yang disebut terakhir akan menjadi varian Galaxy S11 paling murah dengan beberapa pemangkasan fitur untuk menekan harga. Tetapi untuk membuat tampilan Galaxy S11e ini tetap futuristik di kedua sisi smartphone tersebut akan dirancang dengan model curved display.
SPESIFIKASI DAN FITUR
Sebagai smartphone flagship, tentu yang akan menjadi jeroan Galaxy S11 Series ini juga komponen-komponen terbaik di kelasnya. Samsung Galaxy S11 Series diyakini akan dirilis pada tahun 2020, sementara pada tahun 2020 pemasok chipset terkemuka Qualcomm juga merilis Snapdragon 865. Dengan persamaan waktu rilis tersebut, maka kemungkinan besar (dan penggemar pasti juga berharap yang sama) bahwa Galaxy S11 Series akan menggunakan Snapdragon 865, setidaknya minus varian Galaxy S11e.
Meskipun belum bisa dipastikan tetapi tentu tidak lucu jika smartphone flagship tahun 2020 menggunakan chipset flagship tahun 2019 misalnya. Hal ini memang belum terkonfirmasi, dan untuk saat ini satu-satunya smartphone yang akan menggunakan Snapdragon 865 pertama adalah smartphone flagship Xiaomi Mi 10. 
Sementara untuk bagian pendukung lainnya seperti RAM, ketiga smartphone flagship terbaru Samsung ini tak akan menggunakan RAM di bawah 6GB, bahkan untuk seri S11e sekalipun kemungkinan akan menggunakan RAM di atas 6GB, bisa jadi 8GB. Selain RAM, beberapa part lain seperti kapasitas memori internal dan (bisa jadi) teknologi pada baterai seperti kemampuan fast-charging juga akan meningkat.
Di sisi software-nya, Samsung Galaxy S11 Series disebut akan langsung mendapatkan Android 10 yang dikustomisasi khas Samsung OneUI 2.0. Sampai saat ini OneUI merupakan salah satu UI Android yang banyak disukai karena tampilannya yang minimalis dan clean. OneUI 2.0 tentu membawa perubahan dan perbaikan yang menjadikan UI ini semakin menarik. Untuk kameranya, tak perlu pembahasan terlalu mendalam karena tentu Samsung akan memberikan teknologi terbaik untuk kamera pada Galaxy S11 Series ini.
Rumornya mengenai kemampuan kamera Galaxy S11 Series, smartphone terbaru Samsung ini disebut akan menjadi salah satu smartphone dengan kemampuan fotografi dan videografi terbaik yang pernah ada.
PERILISAN DAN HARGA
Mengenai ketersediaan ketiga smartphone flagship Samsung ini, setidaknya tidak akan muncul hingga acara MWC 2020 pada bulan Februari mendatang. Sementara untuk ketersediaan di pasar bisa jadi akan mulai dipasarkan pada bulan Maret 2020 secara bertahap. Jadi bagi yang ingin memiliki smartphone terbaru Samsung ini bisa mulai menabung dari sekarang. 
Berapa harganya?
Samsung Galaxy S10e – Rp 10.520.000 (6GB/128GB), Rp 11.922.000 (8GB/256GB)
Samsung Galaxy S10 – Rp 12.624.000 (8GB/128GB), Rp 16.116.000 (8GB/512GB)
Samsung Galaxy S10 Plus – Rp 14.012.000 (8GB/128GB), Rp 17.519.000 (8GB/512GB), Rp 22.429.000 (12GB/1TB)
Jadi varian termahal harganya lebih dari Rp 20 juta. Nah, bagaimana, tertarik?

Tinggalkan komentar